Senin, 18 November 2013

Selera musik dari tahun ke tahun

Tentunya setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda, dengan seniman yang berbeda-beda pula. Saya meyakini selera musik mempengaruhi bagaimana orang itu bersosialisasi dengan orang lain, berdampak langsung kepada gaya hidup, motivasi dan pemikiran. Berikut adalah kronik musik yang mempengaruhi saya dari tahun ke tahun. sebenarnya sewaktu kecil saya tidak begitu suka mendengar musik , namun lebih banyak karena diputar di tv dan keluarga di rumah suka memutar lagu-lagu itu.

  • 1991-1992 (masa di dalam kandungan) : mama sudah mendengarkan musik klasik , lagu-lagu romansa barat era 60's-80's jadi saya ikut mendengar di dalam perut.
  • 1992-1996 : musik 80's dan awal 90's , lagu-lagu Michael Jackson ,Bee Gees,  Rod Stewart, MLTR, Queen, Eric Clapton , lagu barat populer tahun-tahun itu. namun saya baru tahu judul lagu-lagunya setelah umur belasan tahun. Sampai saat ini masih suka memutar lagu-lagu era ini. seperti nothings gonna change my love, more than words, paint my love, Sleeping child, how deep is your love. dll
  • 1996-1998 : musik lokal seperti Chrisye, Dewa 19 (ari lasso), Potret , Stinky.
  • 1998-2004 : sewaktu SD musik Iepang lebih mendominasi , OST anime dari Samurai X , Digimon , Inuyasha, Conan, One Piece dan banyak lagi. Lagu lokalnya banyak dari Sheila on 7. Saat SD sudah suka sekali lagu-lagu Jepang karena pertanda anime yang ditunggu segera mulai. lainnya adalah lagu-lagu Dewa 19 era awal bergabungnya Once, musik barat Westlife dimana pertama kali menghapal lyric dalam bahasa inggris. Lagu china ada album F4 meteor rain , hampir hapal satu album karena easy listening musiknya, contoh : Qing fe dei yi gampang hapalnya.
  • 2004-2007 : Saat SMP lagu anime tetap menjadi favorite, seperti kehadiran Naruto , tapi industri musik lokal sedang bagus-bagusnya pada saat itu album Heaven of Love Ada Band, Bintang di Surga Peterpan, Laskar Cinta Dewa 19 (Once), Ari Lasso dll . Selera pasar pada saat itu jadi bagus karena masih ada MTV ampuh, musik Indonesia belum bernuansa alay dan asal-asalan. Terbukti dengan kehadiran band-band seperti Kerispatih, J-Rock, Samsons di tahun berikutnya. Musik barat banyak sekali , salah satu yang dominan adalah album songs about Jane by Maroon 5
  • 2007-2009 : masih lagu-lagu lokal cukup mendominasi namun keluar dari segmen pop rock ke arah musik progresif seperti Netral , Slank, Ramones, deep purple dll . Tahun ini mulai mengenal musik Queen semua album Queen . Kemudian disusul mengenal Beatles, semua musik Beatles di playlist setiap hari .
  • 2010-2012 : masih Queen dan Beatles mendominasi keseharian, disusul album-album Oasis, Franz Ferdinan, The cure, The Cardigans, A-ha , Artic Monkey, Paramore dll . Di kampus jadi suka OST Gie , Payung Teduh. Kemudian mulai mencari kembali musik-musik era 60an-80an yang belum sempat dapat.
  •  2013 : Frank Sinatra, ella fitzgerald , michael buble. Saat ini sedang menggandrungi musik dari Jamiroquai semua albumnya , utamanya album terakhirnya Rock, Dust, Light , Star , musik Acid Jazz nya itu kaya rasa. bikin mood booster. nanti di update lagi deh. 
Kira-kira seperti itu musik yang saya gemari dari dulu sampai sekarang , saya suka Rock n roll sampai acid jazz , tapi tidak suka musik Trash, heavy metal, dan juga dangdut , hehe sekian dulu aah ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar