Kamis, 01 November 2012

Catatan biasa : hard to breathe

Pagi tadi di kelas kebudayaan kelompok ku kedapatan untuk mempresentasikan kebudayaan betawi , aku yang semula ingin belajar namun karena paket internet yang habis kemarin malam , tidak belajar untuk mempresentasikannya , hanya menggunakan ingatan sekedarnya saja . namun rupanya tidak ada permasalahan karena di dalam kelas ini mahasiswanya tidak ada yg terlalu kritis . Jey (Shu yujin) mahasiswi pertukaran korea yang bergabung dalam kelompokku juga aku bantu dalam mempresentasikan adat pernikahan di korea . walaupun baru beberapa bulan disini , dia sudah bisa mengerti banyak tentang bahasa Indonesia , sepertinya memang bahasa kita mudah untuk dimengerti . berbanggalah dengan Bahasa Indonesia . ketika sedang bicara soal makanan, dia sangat menyukai masakan Indonesia katanya ,dan dia mengajak untuk makan bersama di restoran korea di lain hari bila sempat. Ada lagi Hana mahasiswi Arkeologi ini bercerita kepada ku saat kelompok lain sedang presentasi , tentang keinginannya untuk memeluk agama kristen , ketika ku tanyakan sebabnya , dia menjelaskan tentang sebagian umat muslim yang ditemuinya sewaktu sekolah di SMA Islam terlalu fanatik sehingga banyak larangan-larangan yang seharusnya tak perlu , tanggapnya. Aku pun menjelaskan masalah pluralisme dan Toleransi beragama dalam Islam . entah dia mau mempertimbangkan tau tidak , aku hanya menjelaskan permasalahan itu dari perspektif yang aku pelajari .

siangnya aku UTS sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia , beruntung aku masih ada waktu sedikit untuk belajar dan pertanyaannya tak sesulit yang kubayangkan , UTS susulan ini aku selesaikan dengan cepat , melampaui kecepatan teman-teman lain yang masih sibuk menulis jawaban .

usai UTS aku menuju rektorat dimanaa ada demonstrasi mengepung rektorat UI terkait perumusan Statuta UI, aku ikut menyaksikan aksi mahasiswa itu dan mendengarkan orasi demi orasi , sejujurnya aku menyesalkan permasalahan yang ada di UI selama ini, karena memang sistem di UI yang lumayan kompleks sedang diformat ulang . aku memang terbilang mahasiswa baru dalam hal ini aku memikirkan cara-cara lain bagaimana mendapatkan bergaining position mahasiswa dalam mencapai keinginannya agar dipenuhi , namun sering kali pada kenyataannya selalu terjadi clash diantara Petinggi-petinggi Rektorat dengan mahasiswa . Memang perlu diakui sangat mulia tujuan mahasiswa ini dalam memperjuangkan hak-hak nya .Mempertimbangkan nasib adik-adik kita juga yang akan memasuki UI , aku kira semakin susah saja untuk duduk sama rata di bangku kuliah ini , pasalnya mahasiswa dengan high budget makin lama makin mendominasi kancah pendidikan di UI , mungkin tinggal sedikit mahasiswa biasa seperti ku ini . aku masih saja mempertanyakan semua ini, adakah jalan keluar yang lebih rasional yang bisa ditempuh agar sama-sama puas , deal-deal macam apa yang pas?
yaa mungkin saja ini satu-satunya cara yang visible untuk mereka tempuh , aku masih terus mengamati seraya sesekali memberikan dukungan.

minggu ini tak jauh berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya , masih susah untuk menghirup udara sore sambil berlari-lari santai hanya dengan menggunakan kaos santai dengan celana training keliling kampus .
Posisi ku sebagai PJ (event Organiser) Event UI Youth environmental action menuntut aku harus aktife dalam mengurusi acara ini , sebenarnya tidak hanya di event namun ke seluruh divisi , agar para panitia dalam acara ini bisa sinergis. benar-benar melelahkan sore sampai malam hari harus rapat dan diskusi . tadi saja aku sampai kamar baru jam 9 malam dan bisa sedikit bersantai sebelum tidur . di rapat tadi aku bertemu dengan para staff acara yang aku terima dari wawancara dua minggu yang lalu . tidak salah aku memilih mereka yang tak lebih dari 10 orang karena memang sangat kompeten dalam mengkonsepkan acara ini bersama . semoga saja tetap bisa kompak sampai akhir kepengurusan .

aku kira hal-hal ini memang banyak menguras waktu ku dalam belajar , tapi aku tidak bisa memungkiri bahwa ini juga adalah sebuah pelajaran yang berarti yang tidak ku dapat dalam bangku-bangku kuliah , dan UTS pun terus berlanjut minggu ini . nafas-nafas segar ku butuhkan di esok hari ..


Fahmy
 01/11/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar