Jumat, 25 Mei 2012

Historical first problem

Saat ini aku adalah seorang mahasiswa Program studi sejarah , saat ini sedang semester dua yang segera berakhir ketika memasuki bulan juni . Sejarah memang tak pernah terpikirkan olehku sebelumnya untuk terjun di bidang ini , dulu yang ada di benakku adalah manajemen dan filsafat . namun sejauh ini aku sangat nyaman dan tertarik untuk mempelajarinya terus , sehingga wawasan ku bertambah luas tanpa harus takut tidak bisa mempelajari manajemen / dunia bisnis terlebih filsafat atau dunia pemikiran yang sejatinya menyatu dalam sejarah .

Dan aku pun akan berstatemen bahwasanya semua orang bisa mempelajari sejarah , namun tidak semua orang bisa menulis secarah secara metode dan historiografi yang baik , olehkarenanya ada jurusan sejarah , agar para pelajarnya mampu untuk mengangkat sebuah peristiwa sejarah yang bisa dikaitkan dengan peristiwa lain atau secara metode yang terstruktur dengan baik .

mahasiswa sejarah dituntut untuk memiliki rasa kritis yang tinggi , serta dapat memilah sumber-sumber bacaan yang bisa dijadikan referensi , karena pada saat saya menulis ini aku belum menggunakan sumber priemer atau sumber asli dalam penulisan sejarah . olehkarenanya aku hanya menggunakan sumber sekunder yang ditulis oleh sejarawan yang pernah ada . terkadang sumber itu sendiri sulit untuk dicari karena bahasan yang kita angkat mungkin masih abu-abu , dan sumber aslinya tidak ada , sebut saja Surat Perintah Sebelas Maret yang ditujukan untuk mengkudeta Soekarno . sampai saat ini belum ditemukan .

To Be Continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar