Selasa, 29 Mei 2012

Master of Details

Aku memilih jurusan sejarah di dorong oleh 3 faktor , faktor- faktor pendukung langkah aku yaitu :
1.      Di Ilmu Sejarah  , kita memiliki potensi yang sangat besar dalam melakukan banyak penelitian yang spesifik dan mendetail, dan aku orang yang suka mempelajari banyak hal secara terperinci , seorang sejarawan adalah Master of Details , yaitu orang yang bisa menjabarkan suatu permasalahan dengan terperinci dan terstruktur dengan baik.

2.      Berbeda dengan Pendidikan Sejarah , Ilmu Sejarah di Universitas Indonesia mempelajari langkah penelitian sejarah dengan metode yang baik dan sistematika penulisan , agar mahasiswa Ilmu Sejarah tidak hanya mempelajari peristiwa sejarah namun juga bisa menghasilkan sebuah karya tulisan sejarah yang baik dengan merekontruksi peristiwa-peristiwa tersebut kedalam sebuah penulisan. Terus terang jurusan sejarah di Indonesia masih sangat lemah di banding dengan negara lain , namun di Universitas Indonesia adalah kampus untuk mempelajari ilmu sejarah terbaik di Indonesia , mengingat jurusan sejarah pertama Indonesia adalah disini .

3.      Cita-cita aku adalah sebagai seorang peneliti , khususnya dalam bidang sejarah , sejak kecil aku tertarik dengan peristiwa-peristiwa penting dari zaman ke zaman . oleh karenanya aku lebih memilih untuk kuliah di UI , padahal pada saat yang bersamaan aku juga di terima di Hubungan Internasional UIN yang pada saat itu aku jadikan sebagai opsi apabila aku tidak diterima di UI. Secara pengaruh dalam menentukan pilihan saat itu banyak kerabat dan kenalan aku menyarankan untuk mengambil Hub. Internasional di UIN menimbang jurusannya lebih digemari dan lebih prospektif , namun keyakinan hati aku kepada Ilmu Sejarah jauh lebih besar , setelah mendapatkan persetujuan dari orang tua maka aku memantapkan diri untuk menempuh Studi Ilmu Sejarah di UI.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar