Selasa, 09 Oktober 2012

dari kolumbia , anak kucing , sampai John lenon dan Che guevara

Pagi ini aku bangun tidur dengan keadaan yang tidak enak karena tenggorokan ku terasa sakit sekali , luka karena salah mungkin atau karena kurang banyak minum .
aku masuk kelas pertama , dan setelah itu menuju PKM UI untuk berobat gratis . setelah menunggu sambil membaca buku Sekali lagi Soe Hok-gie akhirnya nama ku dipanggil juga .
aku mendapat 4 obat dan satu vitamin , rupanya magh ku kambuh lagi kata dokter muda itu .

selesai minum obat aku kembali ke kelas mata kuliah kedua , kelas amerika serikat , namun sayangnya dosen ku mba tini sedang berhalangan hadir . akhirnya ku putuskan untuk ke perpusat UI untuk mengembalikan buku yang besok akan jatuh tempo . untuk menuju perpusat biasanya memang kita harus melewati gedung 9 dulu , namun ada yang menarik mata tadi , ada acara Itanola yaitu pameran dan pemutaran film seputar budaya Italy dan Spanyol , aku penasaran dan masuk ke auditorium untuk melihat tayangan film columbia yang sedang mau diputar . film drama yang berdurasi satu jam tiga puluh menit itu bercerita tentang seorang gadis china yang menjadi seorang imigran ilegal yang ingin menuju amerika serikat melalui columbia , bertemu dengan lelaki lokal yang berusaha menolongnya untuk kembali ke negaranya , namun usaha itu gagal karena dia tidak ingin kembali ke china , yang berujung pada percintaan diantara keduanya . drama di film itu memang nampak membosankan namun setidaknya aku bisa melihat penampakan kota bogota yang cukup menarik. acara pemutaran film itu juga dihadiri oleh beberapa perwakilan kedubes columbia yang pada intinya banyak bule yang hadir.

usai nonton film langsung cabs ke perpusat karena udah mulai sore juga , aku langsung mengembalikan dua buku  , namun rupa-rupanya aku salah melihat tanggal yang ku kira besok hari adalah hari terakhir pengembalian , ternyata kemarin adalah batas pengembaliannya , dengan kata lain terlambat satu hari , aku bayar denda Rp 3000,- untuk tiga buku yg terlambat satu hari . dan satu buku , buku Gie aku perpanjang karena baru setengahnya ku baca .

aku bergegas kembali ke asrama karena ada janji untuk bersepeda sore ini dengan vany , mahasiswi politik yang satu ini memang tidak bisa diharapkan , dia malah malas bergerak katanya . haha . aku yang sudah bersemangat malahan jadi mengurungkan niat untuk berolahraga sendiri dan memilih untuk istirahat sejenak karena pengaruh obat juga .

setelah terbangun dari tidur aku ingin menuju kantin untuk makan malam , aku melihat anak kucing yang kurus yang beberapa hari aku jumpai di depan gedung sedang meong - meong mungkin kelaparan , aku memang selalu tidak tega melihat anak kucing yang terlantar seperti ini sejak aku kecil , dulu bahkan waktu SD aku rela mengambil kucing yang tercebur di selokan dengan bau yang tidak sedap , lalu anak kucing itu ku mandikan dan kemudian ku piara di sekitar rumah ku dulu di slipi . aku bawa kucing itu ke kamar asrama ku , karena aku ingat aku masih punya teri yang sudah diolah menjadi semacam cemilan yang dikasih oleh surya namun tidak pernah aku makan , aku hanya makan kue-kue kering khas lebaran saja .

ternyata kucing itu suka dan malahan menjadi nurut setelah ku kasih makan dan minum , tapi aku kira tidak baik membiarkannya lama-lama main di kamar , karena dia suka naik ke atas kasur ku . akhirnya barusan saja ku keluarkan dari kamar. ini adalah ketiga kalinya aku merawat anak kucing di asrama , kalau dulu bahkan sampai makan roti karena anak kucing sudah sangat kelaparan . dan aku hanya punya roti .

hari ini adalah hari ulang tahun si jenius John Lennon , manusia yang diberkahi keahlian menciptakan lirik dan musik dengan penuh keindahan dan ke aslian rasa . bahkan hampir setiap hari semenjak aku duduk dibangku SMA aku tak luput untuk mendengarkan lagu-lagu the beatles atau lagu solo nya john seperti Woman , imagine , mother dan jealous guy . semenjak kematiannya yang tidak terduga-duga ditembak oleh seorang yang mengaku fans fanatiknya , dunia sangat kehilangan musisi terbaik ini . musisi yang membawa pesan perdamaian kala perang masih hangat-hangatnya . John sudah meninggal puluhan tahun lalu , namun suaranya masih terdengar sehari-hari ..


Afterall , happy birthday John lennon , we love you , now and forever


quote yang ku ingat dari mendiang John adalah

You dont need anybody to tell who you are , you are what you are  .

kutipan ini juga yang membuat aku yakin bagaimana harusnya kita bersikap sesuai dengan kata hati kita tanpa memerlukan opini orang tentang kita .

di hari yang sama 45 tahun lalu tepatnya oktober 1967 Seorang Revolusioner sejati menutup mata karena di eksekusi mati oleh tentara Bolivia , dia adalah tokoh yang paling dihormati karena rasa kemanusiaannya yang tinggi terhadap kaum papa .sejak muda dia sudah peka terhadap permasalahan bangsa dan memilih menjadi gerilyawan untuk meraih kemerdekaan sejati untuk bangsanya . Ernesto nama kecilnya , naas pada sebuah serangan ia tertangkap dan para tentara itu tidak ada yang berani mengeksekusinya sehingga diadakan undian dan jatuh pada seorang perwira bernama merio teran yang menembakinya sambil memalingkan wajah .
Che ketika tertembak kakinya dan ditangkap
Semoga kehadiran kalian berdua di muka bumi ini terus menginspirasi banyak orang dan pemuda sehingga perubahan menuju perbaikan terus berlangsung sepanjang masa .....




All my little plans and schemes
Lost like some forgotten dreams  
Seems that all I really was doing  
Was waiting for you

Real love - The Beatles


Selasa 09/10/2012

fahmy yusuf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar