Senin, 08 Oktober 2012

Perihal Sahabat dan Faktor yang mempengaruhinya

The language of friendship is not words but meanings.
Henry David Thoreau


...
Berbeda dengan teman biasa , sahabat adalah sepereti saudara tak sedarah , biasanya saling tahu hal-hal pribadi yang orang biasa tak bisa tahu , seperti keluarga , keuangan dan percintaan .
pada dasarnya sahabat adalah teman yang kita sering habiskan waktu bersama . walaupun nantinya akan ada waktu tuk berpisah , makanya ada sahabat SD , SMP , SMA , kuliah, dan di kantor.

apa jadinya hidup tanpa teman dan seorang yang kita sayangi ..
aku kira itu akan sangat membosankan dan tidak berwarna , hubungan persahabatan yang baik adalah ketika adanya pengaruh apapun dari luar tidak berdampak negative terhadap persahabatanya yang kuat . karena atas dasar kesaling tahuan tentang karakter masing-masing individu serta kekurangan-kekurangannya yang seiring waktu telah sama-sama kita pahami dan maklumi , bukan kah tidak ada yang sempurna dan sahabat memiliki satu rasa yang tidak ada pada diri teman biasa lainnya . rasa itu memang sifatnya loyalitas dan kekeluargaan . tapi tak selamanya sahabat berada pada jalan yang sama . seperti halnya ketika kita atau sahabat kita telah berubah karena suatu hal yang baru dalam dirinya .


A friend should be one in whose understanding and virtue we can equally confide, and whose opinion we can value at once for its justness and its sincerity.
Robert Hall


 Kaula muda memang selalu haus akan perubahan , apapun itu bentuknya , apakah teknologi , gaya hidup dan perihal percintaan pada umumnya . aku tidak heran bila diantara teman-teman terdekat ku ada yang merubah gaya hidupnya atau sikapnya , aku rasa itu adalah proses pendewasaan baginya , toh terkadang hal itu juga terjadi padaku . hanya saja pola-pola perubahan itu sangat dipengaruhi lingkungan mereka , mereka yang mudah terbawa pergaulan bisa saja terjun bebas dalam ranah yang negative . 

beberapa diantaranya menghilang tanpa jejak dan sebagian lain masih mengisi hari-hari kita walaupun komunikasi sekedarnya . beberapa hal juga bisa menjadi jurang pemisah yang signifikan . seperti gaya hidup , pasangan bahkan selera musik .seperti teman-teman wanita yang merokok , apakah dari dulu ia sudah merokok ? tentu saja tidak , ada yang membuatnya merasa yakin ia untuk melakukannya di depan teman-temannya yang lain , hal ini aku temui di kampus ku . namun sahabat lama ku yang sejak lama ku kenal tiba-tiba berubah karena seorang perempuan . aku tahu bahwa dulu dari jaman ketika kita masih SMP dia yang paling tidak dekat dengan perempuan , berlanjut di SMA , dan ketika di kuliah ia baru merasakan dekat dengan perempuan , jadi dia mudah sekali untuk disetir oleh perempuan itu , aku awalnya merasa aneh sendiri  , karena pada dasarnya karena perempuan yang dekat dengan-nya itu sungguh tidak menarik , dari paras maupun sikap . tapi aku memaklumi sahabat ku yang satu ini memang tidak pernah dekat dengan perempuan sebelumnya , berbeda dengan ku yang dari SMP sudah banyak mengenal tipikal karakter perempuan.

If it's very painful for you to criticize your friends - you're safe in doing it. But if you take the slightest pleasure in it, that's the time to hold your tongue.
Alice Duer Miller


sahabat yang tiba-tiba memiliki pola perubahan yang aneh seperti ini biasanya sedang mencari jati dirinya . aku menemui sahabat yang seperti ini yang secara tiba-tiba menghilang dari peredaran persahabatan .  ya harap maklum , apalagi kalo bergaining position kita sudah hilang dimatanya , maka yang terjadi adalah ketidak saling percayaan yang muncul . utamanya faktor orang terdekatnya yang membuat perubahan drastis pada dirinya . hal yang bisa kita lakukan adalah bersikap sewajarnya dan memaklumi keadaannya , karena boleh jadi suatu ketika dia sadar maka akan kembali seperti semula dan bisa jadi juga tidak sama sekali .

yang aku tahu adalah seorang teman sejati tak akan menghilang , sejauh apapun itu , seberat apapun masalah yang dihadapi . dan utamanya kesaling percayaan satu sama lain .


But of all these friends and lovers 
 There is no one compares with you  
And these memories lose their meaning  
When I think of love as something new


In my life - beatles


fahmy 10/10/2012

1 komentar: